close
Home » » Siapa Yang Mendanai Awal Karir Rio Dan Apa Hubungannya Dengan Buku Tulis 'KIKY'?

Siapa Yang Mendanai Awal Karir Rio Dan Apa Hubungannya Dengan Buku Tulis 'KIKY'?

Posted by seduhkopi.com

Rio Haryanto
Lahir: Surakarta, 22 januari 1993
Tinggi: 170 cm
Kebangsaan: Indonesia
Pendidikan: FTMS Singapore Academy
Orang tua: Indah Pennywati, Sinyo Haryanto
Saudara Kandung: Roy haryanto, Ricky Haryanto, Ryan haryanto

seduhkopi.com, Rio Haryanto merupakan pembalap kebanggaan bangsa Indonesia yang kini membalap di ajang tertinggi, Formula 1 bersama tim Manor Racing. Rio adalah pembalap pertama indonesia yang sampai di level Seri GP2. Kini Rio berhasil mengejar mimpinya, ia menjadi pembalap Indonesia pertama dalam sejarah yang pernah berlaga di ajang Formula 1.

Karir balap Rio dimulai sejak umur 6 tahun. Saat itu ia menjadi pembalap Gokart ajang Nasional dan Internasional. Ajang balap Formula Asia 2.0 mulai dijajalnya di umur 15 tahun. Kemudian Rio menjadi juara umum kelas asia. Setahun setelahnya, prestasinya semakin meningkat menjadi juara umum Formula BMW Facific 2009. Di usia 17 tahun ia sudah memenuhi syarat untuk mendapat license Formula 1 pada test drive Formula 1 di Abu Dhabi 2010.

Demi meraih impiannya untuk dapat berlaga di F1, dengan dukungan sejumlah sponsor akhirnya ia meninggalkan asia untuk mengikuti GP3 Europe 2010. Kemudian pada juli 2013, Rio memulai balapan di ajang GP2.

Tapi yang menarik adalah siapa sebenarnya yang mendanai karir balapnya, sebelum datang sponsor besar seperti PT. Garuda Indonesia atau Pertamina. Hingga sekarang tak banyak yang tahu bagaimana Rio Haryanto mendapatkan dana yang besar saat memulai karir balapnya. Sinyo Haryanto, ayah Rio adalah sosok dibalik itu semua, ia mati-matian mendanai balapan anaknya yang nominalnya terbilang sangat besar.

Jadi siapa sebenarnya Sinyo Haryanto ini? Ayah Rio, Sinyo Haryanto adalah Presiden Direktur PT. Solo Murni. Sebuah pabrik yang bergerak di bidang produksi alat tulis. Selain dari PT. Solo Murni, Sinyo Haryanto juga mengeluarkan dana dari kocek pribadi dalam jumlah yang sangat besar.

Pernahkah anda melihat merk buku tulis "KIKY" tercetak di baju balap Rio? Buku tulis "KIKY" adalah salah satu produk pabrik kertas milik Sinyo Haryanto, PT. Solo Murni. Nama Kiky diambil dari nama anak kedua nya, Ricky Haryanto yang biasa dipanggil Kiky. Ricky mengikuti jejak ayahnya dan sekarang menjabat sebagai direktur di PT. Solo Murni, sedangkan Roy dan Ryan juga terjun ke dunia balap.

Di musim pertamanya sebagai pembalap F1, Rio gagal menyelesaikan musim balapan Formula 1 2016. Kegagalan itu disebabkan keterlambatan untuk melunasi sisa uang kontrak yang mencapai 7 juta euro. Sangat disayangkan, hanya terlambat seminggu dari waktu yang dijanjikan dengan Manor Racing. Rio pun diganti oleh Esteban Ocon, pebalap asal Belgia.

Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett mengatakan pihaknya sempat dijanjikan dana oleh pemerintah Indonesia, namun sayang hal itu tidak pernah terwujud. Itulah yang menjadi penyebab keterlambatan pelunasan sisa kontrak. Kini pihak manajemen Rio sedang berupaya mengumpulkan paket finansial bersama sponsor-sponsor baru tersebut, tanpa dukungan pemerintah Indonesia.

- top2 - bid5